web log free Mengenal Apa Itu Reksa Dana
Read Time1 Minute, 33 Seconds

Definisi reksa dana secara jelas terdapat dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1995 pasal 1 ayat (27) Tentang Pasar Modal. Reksa dana merupakan tempat yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat pemodal atau investor yang selanjutnya akan diinvestasikan dalam portofolio. Dalam penginvestasian reksa dana melalui portofolio ini akan dilakukan oleh Manajer Investasi (MI) yang sudah bekerjasama dengan bank kustodian.

Manajer Investasi yang sudah terpercaya keamanan dan manfaatnya yaitu PT Manulife Aset Manajemen Indonesia atau yang disingkat MAMI. Manajer Investasi di Indonesia ini sudah terdaftar resmi di OJK yang merupakan kepanjangan dari Otoritas Jasa Keuangan. Sehingga keamanannya sudah tentu sudah terjamin. Melalui penjelasan singkat ini apakah Anda sudah memahami apa itu reksa dana? Jika belum yuk mari simak penjelasan berikut ini!

Apa itu reksa dana
Apa itu reksa dana

Reksa dana dapat juga disebut sebagai alternatif kekinian untuk berinvestasi, sehingga ketika Anda mendengar pertanyaan apa itu reksa dana? Maka dengan mudah Anda dapat menjawabnya dengan kumpulan uang dari pemilik modal/investor yang kemudian akan diolah oleh Manajer Investasi. Sudah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya bahwa PT Manulife Aset Manajemen Indonesia sebagai Manajer Investasi resmi dan sudah melakukan kontrak dengan bank kustodian.

Bank kustodian merupakan bank umum yang bertanggung jawab untuk menjaga dan menyimpan portofolio efek dalam reksa dana. Selain itu bank kustodian juga bertindak sebagai pihak yang melaksanakan administrasi dan melakukan penyimpanan saldo reksa dana investor dan catatan transaksi.

Sebagai Manajer Investasi resmi di Indonesia, MAMI merupakan bagian dari Manulife Investment Management, yaitu perusahaan-perusahaan investasi bertaraf global yang juga masih bagian dari Manulife. Selain terdaftar di OJK, perusahaan Manajer Investasi ini juga mendapatkan pengawasan dari OJK. Sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas serta jaminan keamanannya.

Dengan mengenal apa itu reksa dana Anda juga akan mengetahui apa saja keuntungan dan resiko dari reksa dana itu sendiri. Mengenai keuntungan dan resiko reksa dana akan dibahas pada artikel berikutnya. Tidak perlu skeptis dengan reksa dana, kenali terlebih dahulu dan biarkan Anda menyukainya dengan sendirinya!

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
100 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close