web log free Dasar-Dasar Reksa Dana Syariah - Renggo Starr
Read Time1 Minute, 30 Seconds

Ketika anda ingin menginvestasikan uang anda dengan cara islami, yang harus anda lakukan adalah mencari tahu pilihan investasi islami yang tepat, yang sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan berinvestasi dalam dana islam, anda berperan membantu komunitas islam untuk tumbuh dan berkembang. Reksa dana syariah bekerja dengan cara yang sama seperti reksa dana konvensional kecuali bahwa, investasi harus mengikuti prinsip-prinsip islam, yaitu bebas dari riba (bunga) dan gharar (spekulasi).

Yang Berperan Dalam Reksa Dana Islam

1. Perusahaan Pengelola Aset

Perusahaan pengelola aset adalah Perusahaan keuangan non-perbankan yang dilisensikan oleh negara untuk melaksanakan layanan manajemen aset. Perusahaan pengelola aset bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengoperasian reksa dana untuk kepentingan pemegang dana.

Hasil gambar untuk Dasar-Dasar Reksa Dana Syariah

2. Wali

Wali amanat terutama bertindak sebagai pemelihara aset yang dimiliki oleh reksa dana. Ia juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa reksa dana islam dikelola sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam kerangka peraturan dan dokumen konstitusi reksa dana. Dokumen konstitusi reksadana termasuk akta kepercayaan dan dokumen penawaran. Dokumen penawaran standar reksa dana syariah adalah dokumen yang cukup komprehensif yang mencakup paling tidak sebagai berikut:

  • Persetujuan peraturan
  • Konstitusi skema
  • Tujuan dan kebijakan investasi
  • Akta kepercayaan
  • Kategori dan tolok ukur dana

3. Penasihat Syariah

Penasihat Syariah menetapkan kriteria untuk kepatuhan syariah atas investasi. penasihat syariah meninjau investasi untuk memastikan kepatuhan dengan syarat dan prinsip yang berlaku. Karenanya, penasihat syariah mengeluarkan tahunan reksadana.

4. Registrar

Registrar reksa dana syariah dapat individu atau suatu perusahaan/lembaga/kelompok. Perusahaan pengelola aset sendiri dapat bertindak sebagai pendaftar, atau menunjuk registrar untuk melakukan fungsi-fungsi berikut: 

  • Mempertahankan daftar pemegang dana.
  • Memproses permintaan untuk penerbitan, penukaran, transfer dan pengiriman dana dan permintaan untuk berkas-berkas perjanjian atau untuk perubahan informasi / keterangan / data yang berkaitan dengan pemegang dana.
  • Mengeluarkan pernyataan dan sertifikat kepemilikan kepada pemegang dana.
  • Mengirimkan “waran” distribusi pendapatan dan mengalokasikannya kepada unit pemegang investasi ulang dividen.
  • Menyimpan catatan hak gadai/perpindahan dana, zakat, dan menyimpan catatan perubahan alamat/keterangan lain dari unitholders.
0 0
0 %
Happy
75 %
Sad
25 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close